Pizza with Egg on Top


Assalamu'alaikuum..
Bismillah..

Oouuuch, Cantik kaaannnn 😍 Alhamdulillah berbanding lurus juga dengan rasanya 💕
Sebenarnya resepnya sama saja dengan dengan resep pizza yang Tuna n Shrimp hanya saya tambahkan Telur diatasnya. Biar makin kece aja sih. hihihiii.. Eh tapi garnish yang ijonya bukan dari daun bawang lagi. Tapi dari daun jeruk. Wangi donk insyaAllah. Kepikiran aja tambahin daun jeruk, siapa tau telurnya bikin amis kan. Tapi gak amis juga sih. heheheee.. Masaknya jg agak sedikit beda. Liat resepnya langsung yuk buikbuk bakembak. Atau bisa liat bedanya langsung ke poin 12. Itu aja sih. Mungkin bukibuk bisa ganti pinggiran dengan sosis atau nugget biar beda lagi. Selamat mencoba! 💪😉


Resep Pizza with Egg on Top

Topping Tuna n Shrimp:

Tuna Suir Secukupnya
Daging Udang 10 ekor (gak besar, sesuai selera aja jumlahnya)
3-4 sdm Saus BBQ (saya pakai Del Monde)
Minyak untuk menumis
Jagung pipil (saya rebus dulu atau bisa ikut ditumis)
1 Bawang Bombay
2 lembar daun jeruk (gunting kecil)
Mayonaise
Keju Parut
Mozarella parut

Cara membuat topping :
  1. Bagi 2 bawang bombay. Separuh untuk garnish dan separuh diiris kasar untuk ditumis.
  2. Tumis bawang bombay iris kasar, masukkan udang, tuna suir dan saus BBQ (saya tambah sedikit minyak wijen. Jagung bisa ikut ditumis atau ditabur saja dengan topping lainnya.
Bahan Pizza Crust :
150 ml air hangat
5 gr ragi (fermipan)
1/2 sdt gula pasir
150 gr Terigu Protein Tinggi ( Saya pakai Cakra Kembar )
100 gr Terigu Protein Sedang ( Saya pakai Segitiga Biru )
1,5 sdm Olive Oil (bisa pakai minyak sayur)
Sejumput Garam

Cara Membuat :
  1. Sisihkan 50ml air hangat kuku untuk membuat biang dengan ragi. Aduk dan tunggu hingga berbuih.
  2. Campurkan terigu, gula dan biang (ragi yang sudah berbuih). Masukkan sisa air hangat dan uleni.
  3. Masukkan garam dan minyak kedalam adonan dan uleni hingga kalis dan mulus (sudah lebih ringan saat diuleni dan tidak melengket ditelapak tangan). Saya uleni manual, tapi bisa juga dengan mixer spiral.
  4. Bentuk bulat adonan dan simpan diwadah yang telah diolesi minyak (tipis saja) dan tutup dengan kain lembab kurang lebih 1 jam hingga adonan mengembang hingga 2x lipat.
  5. Setelah adonan mengembang, kempeskan dan uleni sebentar.
  6. Sebelum membentuk adonan, panaskan oven 200 derajat Celcius. Agar saat akan dipanggang, oven sudah benar-benar panas. Saya pakai api atas bawah.
  7. Siapkan loyang yang telah diolesi minyak, tipis. Saya pakai loyang diameter 24cm untuk 1 pan pizza crust sesuai resep dengan hasil agak sedikit tebal. Jika ingin agak tipis saya bagi 1/3 adonan untuk loyang 18cm dan 2/3 adonan untuk loyang 24cm. Jadi bisa dapat 2 pan pizza (1 pan 24cm dan 1 pan 18cm).
  8. Gilas adonan sesuai ukuran pan pizza. saya lebarkan sedikit dari ukuran loyang untuk membuat pinggiran cheesybites.
  9. Beri mozarella sekeliling pinggiran adonan dan gulung kedalam. Tekan lipatannya agar mozarella tertutup sempurna. Potong/Gunting sekeliling pinggiran yang telah diberi keju masing-masing sekitar 2cm, kemudian angkat sedikit keposisi horizontal, tekan dan rapikan. Saat diangkat adonan tidak terputus.
  10. Setelah membuat pinggiran cheesybites, tusuk-tusuk tengah adonan dengan garpu. Olesi permukaan adonan dengan minyak (tipis). Diamkan kurang lebih 10 menit.
  11. Olesi tipis tengah adonan dengan saus BBQ. Beri topping Tuna n Shrimp yang telah ditumis. Susun topping dengan rapi. Berikan Mayonaise, parutan keju dan Mozarella. Jumlahnya sesuai selera.
  12. Panggang Pizza. Saya panggang sekitar 30 menit. Sesuaikan dengan oven masing-masing. Untuk Api (Panasnya) saya atur atas-bawah 20 menit pertama dan atas 10 menit terakhir. Nah, pada saat 10 menit terakhir, pizzanya saya keluarkan dulu untuk ditambahkan telur dibagian atasnya + sedikit mozarella lagi. setelah itu saya masukkan kembali dengan Api atas aja.
  13. Siap disajikan.

Setelah diberi pinggiran

Penampakan Poin 9 dari cara membuat


Setelah 20 menit pertama dan diberi telur. Siap panggang lagi 10 menit
Voila! Tapi meluber banget mozanya 😂

Komentar

Postingan Populer

I n s t a g r a m