Lemet


Bismillah..
Assalamu 'alaikuum..

Welcome, April! Back again di-blog saya, kali ini mau berbagi resep yang ada manis-manisnya. Bukan! Bukan air mineral itu 😂 Ini cemilan tradisional. Khasnya darimana, saya kurang tau juga. Soalnya dirumah, mama saya sering bikin juga. Ditempat rantau saya sekarang juga ibu-ibunya tau, namanyapun sama aja sebutannya. Ya! el e em e te. Lemet yah. Bukan lemes! 😁 *jayusdeh.. Tapi biar tau, saya cekiceki ke mbah gugel, dan katanya lemet itu khas Sunda dan nama lainnya Timus. Timus! Bukan Primus. ( Anak milenial gak tau kayaknya nama itu 😂 ) Maaf yah, selera humornya receh bin jadul. Ketahuan, angkatan sinetron Panji Manusia Milenium 😎

Kembali ke lemet! Cemilan ini teksturnya kenyal karena terbuat dari singkong yang diparut halus. Manisnya dari gula merah. Gurihnya tambah nikmat karena ada kelapa parutnya. Pas buat teman ngeteh bareng suami sebelum mengajukan proposal belanja menyambut  👉👉👉  te-ha-er 😍

Sedikit cerita soal ngebet bikin lemet di Tarjun beberapa waktu lalu. Awalnya memang sudah kepikiran dengan cemilan ini, trus buka IGStory ada anaknya senior saya lagi main sambil makan lemet. Tambah ngeces lah saya. (Belum hamil lagi, emang sayanya yg suka ngileran sm makanan 😓 Blame me). Langsunglah esok harinya saya pagi-pagi ke pasar dekat kompleks, tapi gak ada ubi (singkong)! hadeuh.. Trus ingat kalau paman sayur besok jadwalnya masuk kompleks, wa lah si paman. Titip ubi 2kg! Besoknya, Alhamdulillah paman datang membawa ole-oleh sebuah lemari. Wkwkwkwk (receh lagi). Paman bawa ubi, bentukannya sih empuk dan GEDEBANG! Gedebanget! Saya borong 4kg. Mau jualan buk?! 😂 Long story short, awalnya cuma 2kg ubi dulu. Pas jadi, enak banget. Trus sore jam 4 ada pengajian ibu depan rumah. Gak enak donk gak bawa apa-apa. Jadi niatlah bungkus lemet. Tau-taunya anak dan suami ketagihan. Daripada ngeces lagi kan, 2kg ubi juga masih ada, saya tambahlah buat stock lemet. Tahukah kalian?! Tangan kananku tegang donk gaes habis marut 4kg ubi kayu besar dalam sehari yang cuma jedah beberapa jam saja 😢 Begitulah perjuangan untuk menuntaskan 'ngiler'. Apakabar yang jual lemet yah. Mungkin mereka punya alat kali yak buat marut bahan 😂

Beklaaaahhhh, berikut resep lemetnya. InsyaAllah gampang banget kok. Yuk mari bukibuk bakembak dilihat dulu resepnya, siapa tau berkenan buat mencoba 😉


Bahan Lemet :
2kg Ubi Kayu (Singkong)
125gr Gula Merah (Bisa lebih, tergantung selera)
1 Kelapa Parut yang biasa diurap, tidak terlalu tua dan muda (saya pakai 1/3 nya saja)
Daun Pisang Secukupnya

Cara Membuat Lemet :
  1. Siapkan daun pisang, bersihkan dan potong rapi sesuai kebutuhan,
  2. Parut halus ubi dengan menggunakan parutan kelapa
  3. Sisir gula merah
  4. Peras ubi yang telah diparut agar airnya keluar, supaya hasil lemet jadi kenyal
  5. Campurkan ubi dengan gula merah dan kelapa. Aduk merata
  6. Ambil adonan dan tata didaun pisang dan lipat dengan rapi. Daun pisang bisa dijemur atau dikukus sebelum digunakan supaya agak layu, agar saat digunakan atau dilipat tidak mudah pecah atau cobek.
  7. Panaskan kukusan dan kukus lemet sekitar 30 - 40 menit
  8. Siap untuk disaji



Selamat mencoba yah bukibuk bakembak. Selamat awal bulan 😘 Ciiiieeeee yg dompetnya tebal lagi ~

Wassalam..

Komentar

Postingan Populer

I n s t a g r a m